Home » Science Review » Pay Pal

Pay Pal

Pay Pal

Siapa yang tidak tahu Pay Pal ? Hampir semua netter sudah tahu tentang Pay Pal, yaitu suatu payment processor yang dapat digunakan untuk menerima bayaran maupun membayar barang atu jasa di dunia maya.

PayPal merupakan cara pembayaran yang lebih aman dan lebih mudah dilakukan secara online. Layanan ini memungkinkan setiap orang untuk membayar dengan cara yang lebih mereka sukai, termasuk melalui kartu kredit, rekening bank, PayPal Smart Connect atau saldo rekening, tanpa berbagi informasi keuangan.

PayPal Corp. sebenarnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity didirikan pada bulan Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Adapun X.com didirikan oleh Elon Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya terletak di 165 University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, eBay menyimpulkan PayPal cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Sebelumnya, ebay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. Pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.

Akhirnya pada tahun 2002, eBay mengakuisisi PayPal seharga USD 1,5 miliar. ebay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal. Banyak pesaing utama PayPal yang akhirnya bangkrut atau dijual, seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005. Pesaing PayPal lain yang masih bertahan hingga sekarang antara lain adalah AlertPay, Liberty Reserve, Kagi, dan Moneybookers.

Pada kuartal pertama 2006, total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai USD 8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun.

PayPal dengan cepat menjadi pemimpin global dalam solusi pembayaran online dengan lebih dari 153 juta rekening di seluruh dunia. Dengan tersedia di 190 pasar dan 24mata uang di seluruh dunia, PayPal mendukung e-commerce global dengan memungkinkan pembayaran melintasi berbagai lokasi, mata uang, dan bahasa.
PayPal telah menerima lebih dari 20 penghargaan untuk keunggulannya dari industri internet dan komunitas bisnis – yang terbaru adalah 2006 Webby Award for Best Financial Services Site dan 2006 Webby People’s Voice Award for Best Financial Services Site.
Terletak di San Jose, California, PayPal didirikan tahun 1998 dan diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002.

Beberapa keuntungan Pay Pal antara lain :

  • Bayar pembelian online dilakukan dengan aman
    Berbelanja secara aman di eBay dan ribuan toko online. Membayar dengan PayPal tanpa mengungkapkan informasi keuangan.
  •  Kirim uang dengan cepat dan mudah. Bayar pembelian dan kirim uang dari 190 negara dan wilayah, hanya memerlukan alamat email penerima. Penerima tidak memerlukan rekening PayPal , mereka dapat mendaftar saat menerima pembayaran.
  •  Diterima di seluruh dunia. PayPal diterima oleh ribuan bisnis di seluruh dunia dan merupakan metode pembayaran yang lebih disukai di eBay.
  •  Mudah untuk mendaftar, mudah digunakan. Pendaftaran untuk memperoleh rekening PayPal mudah dilakukan – hanya diperlukan waktu beberapa menit. Setelah mendaftar, Anda dapat mengirim pembayaran dalam hitungan menit.

Berminat membuka rekening Pay Pal ? Klik Disini

Sumber : PayPal, Wikipedia


Leave a comment